Mengetahui Otot Dan Stamina Ayam Bangkok Aduan

Hobi Sabung Ayam – Mengetahui Otot Dan Stamina Ayam Bangkok Aduan. Mengetahui otot dan stamina pada ayam aduan merupakan hal yang penting bagi para peternak dan pecinta sabung ayam.
Faktor apa saja yang penting dan menjadi acuan atau pedoman para peternak dan pecinta sabung ayam untuk menilai kemampuan ayam Bangkok atau ayam aduan dalam pertarungan adalah berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap peternak dan pecinta sabung ayam memiliki pedoman atau acuan dan standar masing-masing dalam memilih ayam aduannya. Berikut ini adalah beberapa hal dalam mengenal otot dan stamina pada ayam aduan secara singkat.

Pada umumnya ketepatan atau akurasi pukulan pada ayam Bangkok dan ayam laga jenis lainnya sangat dipengaruhi oleh dua faktor yang penting yaitu :

  1. Perbandingan bentuk tulang kaki yang ideal pada ayam aduan.
  2. Otot yang berperan sangat penting dalam kecepatan dan kekuatan pukulan yang dilancarkan beserta akurasi ketepatannya.

Pada umumnya otot bekerja dengan cara menarik bukan dengan mendorong. Mekanisme kerja otot memerlukan senyawa yang dikenal dengan ATP ( Adenosin Triphospate ) dan Creatin Phospate yang berasal dari ATP tersebut. Dalam persenyawaan ini ada beberapa unsur yang berefek langsung antara lain karbohidrat, protein dan lemak.

Ketiga unsur tersebut dioksidasi melalui Kreb siklus dan secara langsung membebaskan ATP yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk energi otot. Selain itu dalam aktifitas dan keseimbangan mekanisme kerja, otot juga membutuhkan Calcium (Ca).

Faktor inilah yang menyebabkan ayam aduan dengan pakan utamanya jagung, memiliki otot yang lebih bagus dan kekuatan pukulan yang lebih keras dibandingkan ayam aduan dengan pakan utama yang lain.

Otot yang baik pada ayam aduan ialah otot yang berserabut halus tanpa adanya timbunan lemak dan tanpa adanya pembesaran sel otot yang tidak seharusnya, sehingga otot bisa kuat dan lentur secara maksimal serta dapat menghasilkan pukulan yang kuat dengan ketepatan yang akurat.

Selain itu, ayam aduan dengan otot berserabut halus memiliki keunggulan yang lebih dalam hal memukul pada posisi celah yang sempit, sedangkan ayam yang ototnya berserabut kasar cenderung hanya bisa melancarkan pukulan apabila mendapat ruang pukul yang cukup lapang.

Untuk rutinitas kesehariannya, diperlukan latihan untuk membentuk serabut otot yang halus tersebut. Disarankan lakukan latihan kecepatan tanpa beban. Namun ada juga penghobi sabung ayam, dalam hal melatih kecepatan pada ayam aduannya selalu dilakukan dengan memberi beban atau pemberat pada kaki ayam aduan atau dengan menekan badan ayam agar ayam aduan tersebut berjalan dengan posisi setengah merangkak.

Dalam hal ini akan menghasilkan otot yang kuat dan besar tetapi kaku dan lamban gerakannya. Lebih baik diberikan latihan lari dengan cara lari mengitari ayam babon atau untulan daripada latihan lari dengan beban pemberat yang lebih mengutamakan kekuatan.

Demikianlah artikel singkat dalam mengenal otot dan stamina pada ayam aduan disajikan secara gamblang di atas ini. Semoga bermanfaat. Salam Sabung Ayam Online.

Bookmark the permalink.