8 Tips Memilih Ayam Petarung Berdasarkan Jenis Pukulannya

Hobi Sabung Ayam – 8 Tips Memilih Ayam Petarung Berdasarkan Jenis Pukulannya. Pukulan dan taji merupakan senjata utama bagi ayam bangkok atau jenis ayam aduan yang lain. Dalam memilih ayam petarung bangkok, pukulan dan taji menjadi salah satu kriteria utama yang bisa dilihat ketika diabar/adu. Beberapa hal yang perlu diamati ketika ayam bangkok diabar adalah sebagai berikut:

Sasaran Pukulan

Target pukulan ayam aduan yang paling umum ialah ke arah kepala dan leher. Pada menit-menit pertama abar, terkadang ayam aduan memukul di bagian bahu dan dada atau terlihat asal pukul. Hanya sedikit ayam aduan yang memukul bagian dada, sayap, punggung, perut dan pinggang. Yang bagus dan paling sering dipilih adalah ayam aduan yang memukul bagian kepala dan leher atas lawan secara konsisten.

Akurasi pukulan ayam

Ayam yang baik dipilih adalah ayam dengan pukulan yang tepat mengenai sasaran walaupun sulit mendapatkannya Akurasi pukulan terkadang kurang tepat jika lawan yang dihadapi selalu bergerak atau tak mau diam. Tetapi jika ayam itu ‘bagus” dalam bertarung, walaupun lawannya sulit untuk dipukul, tetap saja akan terkena pukulan.

Arah pukulan

Untuk arah pukulan ayam aduan bisa dari arah depan, serong, samping kanan atau kiri, dan juga dari belakang. Pada menit-menit pertama abar, ayam aduan selalu memukul dari arah depan atau sedikit serong. Tetapi pada menit berikutnya, ayam juga bisa memukul dari arah samping dan belakang tergantung kebiasaannya. Ayam aduan yang bagus adalah ayam yang bisa memukul dari segala arah, baik dari arah depan, samping maupun belakang.

Frekuensi pukulan ayam

Frekuensi / jumlah pukulan ayam laga yang paling umum adalah 1 kali pukul setiap gebrakan. Tetapi ada ayam aduan yang bisa memukul beruntun, terutama ketika stamina masih bagus. Frekuensi pukulan ayam laga tergantung dari kebiasaannya mematok. Ada ayam yang mematok cukup lama baru kemudian kemudian bisa memukul, sehingga ayam terkesan lambat dalam melakukan serangan.

Pilihlah ayam laga yang segera memukul setelah mematok karena akan lebih memiliki peluang lebih banyak melakukan pukulan. Beda dengan ayam birma, tanpa mematuk sudah pasti akan memukul, tinggal kita lihat ketepatan pukulannya. Jika tepat dan berefek berarti itu ayam bagus.

Jarak pukul

Ada sebagian ayam aduan yang selalu menjaga jarak dari lawannya untuk bisa melancarkan pukulan dengan baik, dan sebaliknya ada juga yang sengaja merapatkan jarak agar bisa memukul lawannya. Ayam pun memiliki teknik sendiri-sendiri, pemilik ayam petarung juga harus mengetahui kelemahan serta kekurangan ayamnya.

Pukulan mematikan

Sangat sedikit ayam aduan yang memiliki pukulan telak mematikan. Tetapi cukup banyak ayam petarung yang mempunyai pukulan bagus dan keras, tetapi masih bisa ditahan oleh ayam aduan yang bermental bagus.

Para pemain ayam laga senior pada umumnya mampu memilih ayam laga yang memiliki pukulan mematikan. Pukulan yang seperti ini bisa melumpuhkan lawan dengan cepat, sehingga tak perlu harus bertarung lama. Untuk pukulan mematikan ini sebagian besar pemain ayam senior berpedoman pada katuranggan di kaki atau sisik.

Pukulan Taji

Taji merupakan senjata mematikan bagi ayam petarung selain pukulan mematikan. Dan taji ayam laga yang masih muda atau belum panjang sulit diduga apakah nanti akan jitu ataukah tidak. Pada umumnya ayam petarung yang tajinya bisa mengenai sasaran adalah ayam laga yang pukulan kakinya mengarah ke kepala bagian atas.

Lainnya

Pukulan ayam petarung masih banyak ragamnya jika dibahas lebih dalam. Gerakan kaki saat memukul juga banyak macamnya, seperti kaki yang menendang lurus sambil kedua pergelangan kaki dirapatkan, atau pengelangan kaki ayam menjadi menyilang (menggunting).

Demikian sajian tentang memilih ayam petarung berdasarkan jenis-jenis pukulan ayam aduan. Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi Sabung Ayam Online.

Baca Juga :

Bookmark the permalink.