Ayam Aduan Gombong Kebumen Yang Tersohor

Hobi Sabung Ayam – Ayam Aduan Gombong Kebumen Yang Tersohor. Gombong adalah salah satu kecamatan yang terdapat di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bagi para pecinta sabung ayam, nama kecamatan Gombong sudah tidak asing lagi. Hal ini dikarenakan Gombong telah terkenal sebagai salah satu kecamatan penghasil ayam laga yang berkualitas unggulan. Ayam-ayam hasil peternak kabupaten Gombong sudah terkenal dan menyebar di seluruh Nusantara.

Ketenaran ayam bangkok gombong sebagai ayam aduan yang berkualitas secara berkala telah memunculkan fakta-fakta baru dan menjadi fenomena bagi dunia sabung ayam di seluruh Nusantara. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai Ayam Aduan Gombong Kebumen Yang Tersohor :

Fakta Ayam Bangkok Gombong, Kebumen Yang Tersohor

  • Sejarah Emas

Ayam bangkok gombong mempunyai sejarah emas dalam dunia sabung ayam. Berawal dari tahun 70-an, banyak penggemar ayam laga mencari bibit ayam laga unggulan dari kecamatan ini. Bermula dari Lim Tiong Huat, seorang warga Gombong berdarah TiongHoa inilah yang memulai perjalanan sejarah Gombong sebagai kecamatan penghasil ayam laga berkualitas.

Dimulai dengan mengumpulkan ayam-ayam laga yang istimewa dari daerah Thailand dan Saigon kemudian dibawa dan diternakan di daerah tempat tinggalnya di Gombong.

  • Dibagi Berdasarkan Kelas

Walaupun terkenal sebagai ayam laga berkualitas, ayam bangkok gombong ternyata juga dibagi dalam beberapa kelas. Ada kelas gombong baik, kelas istimewa dan kelas super. Untuk seekor ayam gombong biasa, harganya berkisar 200 ribuan, sedangkan untuk kelas istimewa dan super harganya bervariasi, bahkan mencapai angka ratusan juta rupiah.

  • Ayam Pukul

Umumnya ayam bangkok hasil dari peternakan di kecamatan Gombong merupakan ayam type pukul. Kekuatan pukulannya sangat luar biasa. Ditopang dengan tulang dan otot yang besar, kekuatan pukulan ayam bangkok gombong bisa menghancurkan semangat dan fisik lawannya saat dalam pertarungannya.

  • Pakan dan Perawatan Sederhana

Karena bertipe pukul, ayam bangkok gombong memiliki tipe dan pola makan yang sederhana pula. Pakan yang dikonsumsi hanya berupa jagung pipil yang dicampur dengan voer. Pemberiannya juga cukup sekali pada saat sore hari saja. Dengan pola makan begini, nafsu makan ayam tersebut tetap terjaga sepanjang waktu.

  • Permintaan Tinggi

Karena kualitas tarungnya yang sudah terkenal di se-antero Nusantara, permintaan terhadap ayam bangkok gombong menjadi sangat tinggi. Diberbagai daerah Jawa dan Sumatera menerima pasokan ayam ini secara berkala. Apalagi saat musim lebaran, permintaan terhadap ayam ini bisa meningkat hingga 300 persen.

Demikianlah artikel mengenai Ayam Aduan Gombong Kebumen Yang Tersohor. Semoga bermanfaat Sabung Ayam Online.

Bookmark the permalink.